Penggunaan dan Keuntungan Hollow Core Slab

Pada pembangunan gedung-gedung yang memiliki banyak lantai pasti kaan diperlukan waktu dan biaya yang sangta lama. Selain itu juga dapat membutuhkan banyak pekerja untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan juga tepat waktu. Dalam pembangunan sebuah gedung diperlukan tingkat efisien yang sangat tinggi, apabila tidak dilakukan dapat membuat biaya akan sangat membengkak. Selain itu juga perlu diperhatikan kekuatan material yang digunakan agar bangunan dapat berdiri dengan kokoh dan dapat menopang beratnya bangunan yang berada diatasnya. Untuk bangunan yang memiliki banyak lantai, kekuatan dari setiap lantai akan sangat menjadi hal yang diperhatiakan karena akan sangta erbahaya jika lantai tersebut tidak kuat menahan beban yang diatasnya, tetapi juga harus dibuat dengan waktu yang cukup singkat. Untuk mendapat waktu yang lebih singkat untuk pembangunan kita dapat menggunakan hollow core slab.

 

Hollow core slab merupakan metode yang digunakan untuk membuat lantai beton untuk bangunan bertingkat. Pada pembangunan lantai gedung bertingkat secara konvensional dilakukan banyak sekali pekerjaan, mulai dari pekerjaan awal yaitu berkisting, setelah itu dilakukan pemberian besi atau sering disebut penulangan, setelah itu baru dilakukan pengecoran. Untuk mmepercepatnya dapat diberikan material pelat beton yang didalmnya memiliki rongga yang biasa disebut precast hollow core slab. HCS ini bisa digunakan dalam berbagai bangunan yang akan dibangun, dapat berupa bangunan rumah, apartemen, pusat perbelanjaan atau mall, perkantoran, hotel, gedung parkir, rumah sakit, sekolah dan lain-lain. HCS ini dapat digunakan untuk bagunan yang memiliki struktur baja atau bangunan yang memiliki struktur beton. Bahan yang digunakan pabrik pembuat HCS ini biasanya beton dengan tipe ready mix dengan mutu beton K-450.

Hollow core slab ini dapat diaplikasikan dalam bangunan beton dan juga bangunan yang memiliki struktur baja. Untuk penggunaanya material HCS akan diangkat enggunakan crane atau tower crane untuk bangunan yang tinggi untuk diaplikasikan di lantai atas. Untuk pembuatan precast HCS ini sendiri dilakukan ditempat khusus. Pekerjaan tembok lebih baik anda menggunakan mesin plester yang dapat mempercepat pekerjaan anda. Pembuatannya menggunakan sistem pre-tensioning dimana suatu kabel prategang akan ditarik terlebih dahulu pada suatu kedudukan khusus lalu akan dilakukan pengecoran untuk membetuk HCS tersebut. Dudukan yang digunakan hanya dimiliki oleh tempat fabrikasi tertentu. Lubang yang ada didalam HCS sendiri dimaksudkan agar beratnya berkurang tetapi tidak mengurangi kapasitas lenturnya dan juga tidak mengurangi kekuatannya.selain itu adanya lubang pada HCS akan mengurangi resiko bahaya gempa. Sehingga apabila dibandingkan dengan pelat beton biasan pelat beton HCS ini memiliki berat yang lebih ringan dan bahaya gempanya lebih kecil dan bahkan kapasitas dukungnya lebih besar karena melalui proses pre-stressing.

Hollow core slab ini akan lebih cepat digunakan apabila melakukan pengecoran secara konvensional. HCS ini tinggal diletakkan, setelah itu diberi pembesian atau penulangan, setelah itu bau dicor. Kegiatan ini akan lebih cepat karena bekisting akan dilewati sehingga lebih cepat. Keunggulan HCS sendiri sebagai berikut :

  • HCS memiliki beban yang lebih ringan jika dibandingkan dengan pelat beton biasa. Karena adanya rongga yang dibuat didalam HCS.
  • Akan menghasilkan ruangan yang lebih besar (dari lantai sampai lantai berikutnya) karena struktur dimensinya berkurang.
  • Pemasangan lebih mudah serta menghemat waktu dan bahkan menghemat biaya.
  • Tidak memerlukan scafolding sehingga lantai dibawahnya dapat segera melakukan finishing.
  • Tidak memerlukan sistem bekisting.
  • Permukaannya rapi dan rata sehingga permukaan bawah sudah langsung bisa mnejadi plafon untuk lantai dibawahnya.
  • Memperkecil resiko bahaya gempa.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s